Senin, 11 Mei 2015

Munculnya desktop.ini Saat Start Up

Setelah memposting Virus SKYPEE Shortcut Folder REV. 2 , ada komentar dari pengunjung Assassin Zapo terkait tampilnya desktop.ini saat start up seperti terlihat pada Gambar 1. Pada notepad akan tertera text berikut :

[.ShellClassInfo]
LocalizedResourceName=@%SystemRoot%\system32\shell32.dll,-21787

Sebelum membahas lebih jauh, akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang file desktop.ini tersebut.

Gambar 1.

File desktop.ini merupakan file system bawaan windows yang bertugas menyimpan perubahaan atau pengaturan layout desktop. Misalnya, kita akan mengubah icon suatu folder atau background windows explorer. Ketika kita melakukan perubahan tersebut, maka system akan menyimpan konfigurasi ini pada file desktop.ini. Pada dasarnya, file ini attribut Hidden.

Lalu kenapa file ini mendadak muncul setelah saya mengeksekusi perintah command prompt dan merestart windows ?
Terkait postingan saya tentang Virus SKYPEE Shortcut Folder REV. 2, pada perintah command prompt untuk local disk C (Gambar 5. rujukan Virus SKYPEE Shortcut Folder REV. 2) ini telah mengakibatkan seluruh attribut hidden pada seluruh file system windows (local disk C) menjadi hilang. Akibatnya, file ini dapat dilihat secara langsung di windows explorer, tanpa harus meng Unhide nya pada folder option (Biasanya kita harus menghilangkan dulu centang pada Gambar 2).

Gambar 2.


Karena file ini berada di folder start up, dan juga file ini berubah attribut menjadi tidak terhidden, maka secara otomatis akan terbuka saat start up windows.

Apakah kemunculan file ini menandakan windows saya Error ?
Jawabannya tentu tidak. Ini hanya mengindikasikan bahwa file ini berada pada folder start up, yang artinya akan berjalan saat windows start up (proses ini sama seperti program lain yang berjalan tanpa di eksekusi terlebih dahulu pada notification area, misal nya anti virus). Kesalahan atau error biasanya ditandai dengan munculnya pesan error pada desktop.

Apa yang harus saya lakukan agar file desktop.ini tidak tampil lagi saat Start Up ?
Cara yang paling mudah adalah dengan menghapus file tersebut dari system.

Apakah akan membuat windows menjadi Error ketika saya menghapusnya ?
Secara default, file ini akan secara otomatis dibuat kembali oleh windows jika kita menghapusnya. Jadi tidak akan membuat windows menjadi error, karena proses pembuatan kembali file ini sudah menjadi dasar program pada windows sehingga anda tidak perlu khawatir menghapusnya.

Apakah efek lain yang ditimbulkan jika kita menghapus file ini ?
Pada kasus diatas tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping. Pada dasarnya, file desktop.ini selalu ada pada setiap bagian folder. Misal, anda membuat suatu folder dengan nama "BARU". Dalam folder BARU tersebut terdapat file desktop.ini . Hanya  saja anda tidak dapat melihat nya karena secara default file ini berattribut Hidden. Dalam folder tersebut anda membuat lagi suatu folder dengan nama "PROGRAM"dan mengubah icon folder tersebut. Jika anda menghapus file desktop.ini pada folder BARU, maka setelah anda merestart windows, icon folder PROGRAM akan berubah menjadi icon default folder pada umumnya. Begitu juga saat anda merubah background layout suatu folder di explorer, maka jika anda hapus file desktop.ini, background tersebut akan hilang tanpa mempengaruhi isi dari folder tersebut.

Bagaimana cara saya menghapus file desktop.ini yang muncul terus saat start up ?

  1. Saat Start Up, JANGAN close file desktop.ini yang muncul pada desktop. 
  2. Buka windows explorer dan buka folder options.
  3. Pada folder options > tab view , pilih show hidden file dan hilangkan semua centang Hide seperti Gambar 2.
  4. Kembali ke notpad file dekstop.ini
  5. Pada notpad klik save as > pada "save as type" ganti menjadi "all files"
  6. Akan muncul file "desktop.ini" pada layar tempat file akan di save. File yang muncul ini adalah file desktop.ini yang tampil saat windows start up.
  7. Klik kanan file "dekstop.ini" dan klik delete.
  8. Kemudian klik "Cancel" disebelah tombol "Save".
  9. Terkahir tinggal munutup/Close file desktop.ini dan restart windows (jangan lupa mengatur kembali hidden file dan centang pada folder option di windows explorer).
Alternatif lain cara menghapus file desktop.ini 

  1. Ikuti langkah yang sama dengan langkah diatas hingga langkah ke 3.
  2. Lalu akses lokasi folder start up berikut :
    C:\Users\"nama users PC/Laptop anda"\AppData \Roaming\Microsoft\Windows\StartMenu\
    Programs\Startup\
  3. Akan muncul file dekstop.ini pada folder start up (ketika anda mengikuti langkah ke 5 pada cara yang pertama, anda akan melihat dimana lokasi file tersebut akan disimpan, yaitu folder start up yang sama dengan yang anda akses pada cara kedua ini)
  4. Untuk memastikan apakah ini adalah file yang anda cari, buka lah file tersebut dan lihat isi nya apakah sama dengan Gambar 1. diatas.
  5. Setelah yakin sama, klik kanan file "dekstop.ini" dan klik delete.
  6. Atur kembali hidden file dan centang pada folder option di windows explorer dan restart windows.
Sekian posting saya kali ini. Semoga dapat membantu agan Assassin Zapo dan sobat blogger lain yang menemui masalah yang sama. Berikut saya lampirkan referensi lebih lanjut mengenai file desktop.ini. Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top