Minggu, 28 Februari 2016

Instalasi ArcGIS 10.2 NOT RUNNING License Server Administrator

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit pengalaman saya ketika menginstal ArcGIS 10.2. Ketika pada tahap instalasi license, saya mendapati status license server status: NOT RUNNING (lihat Gambar 1). Padahal saat pertama kali saya selesai menginstal, license server status: dalam kondisi RUNNING (lihat Gambar 2). Meski telah mengikuti seluruh prosedur penginstalan, namun tetap saja masalah ini tidak dapat saya selesaikan.

Gambar 1. Tampilan License ArcGIS 10.2 Not Running

Gambar 2. Tampilan License ArcGIS 10.2 Running


Setelah mencermati dengan baik, akhirnya saya mengetahui penyebab kenapa license server status: NOT RUNNING. Pada tab services pada Gambar 3 tersebut ternyata menunjukkan keadaan running, namun pada tampilan license arcgis tertera Not running meski telah menekan tombol start berkali-kali pada Gambar 1.

Gambar 3. Service ArcGIS License Manager

Untuk mengatasinya, tekanlah tombol Services pada Gambar 3 hingga muncul jendela service pada Gambar 4 berikut ini.

Gambar 4. Jendela Service

Bukalah service ArcGIS pada Gambar 4 tersebut (double click) hingga muncul jendela service ArcGIS pada Gambar 5 berikut ini. Biasanya statusnya dalam keadaan STARTED.

Gambar 5. Jendela Service ArcGIS

Kliklah tombol STOP pada Gambar 5, jendela proses akan muncul (lihat Gambar 6). Tunggu hingga proses selesai seperti yang terlihat pada Gambar 7.

Gambar 6. Jendela Proses Stop Service ArcGIS

Gambar 7. Jendela Service ArcGIS Setelah Proses Stop Selesai

Biarkan Jendela pada Gambar 7 tetap seperti itu (jangan di close). Selanjutnya kembali ke ArcGIS License Server Administrator seperti pada Gambar 1 dan kliklah tombol START. Maka  license server status: akan berubah menjadi RUNNING seperti pada Gambar 2 dan jendela service ArcGIS pada Gambar 7 akan berubah menjadi seperti Gambar 5. Dengan demikian proses instalasi dapat dilanjutkan. Jangan lupa juga untuk menutup jendela Service ArcGIS sebelum melanjutkan Instalasi.

NOTE:
Hal yang perlu saya pertegas di sini adalah, cara ini hanya akan berhasil JIKA setelah proses instalasi License Server Administrator ArcGIS, license server status: HARUS dalam kondisi RUNNING seperti terlihat pada Gambar 2.  Jika setelah instalasi ternyata didapati pada kondisi seperti Gambar 1, maka kemungkinan besar cara ini tidak akan berhasil. Untuk informasi seputar ArcGIS Administrator dapat merujuk ke link berikut.


Sekian posting kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua.

UPDATE Juni 2020

Setelah kembali berkutat pada masalah yang sama, saya akhirnya menemukan solusi alternatif apabila cara yang telah saya posting diatas masih belum berhasil. Meski sedikit lebih rumit, namun langkah ini cukup ampuh untuk membuat status menjadi RUNNING. Berikut langkahnya:

1. Atur terlebih dahulu penamaan berikut pada file service.txt:

Gambar 8. Awal


 Gambar 9. Akhir

Sesuai gambar di atas, ubah text "this_host" menjadi "localhost". Ini sebenarnya tidak baku, namun localhost boleh juga diganti dengan nama lain yaitu nama computer. Pastikan file ini telah tersimpan di folder yang semestinya. Apabila tidak dapat di save, save as dahulu di desktop, lalu copy paste kembali dan timpa file lama.

2. Pastikan anda telah menghentikan (stop) proses jendela service ArcGIS pada langkah di Gambar 5 di atas.

3. Buka Task Manager, pada tab processes, cari Lisence Manager (32 bit) dan matikan proses ini dengan mengklik kanan dan pilih End task. Selanjutnya buka tab Service di Task Manager dan klik Open Services (tombol biru paling bawah jendela). Cari nama Sentinel LDK License Manager, buka service ini dengan mengklik 2x, setelah muncul jendela klik tombol Stop dan close jendela ini.

Gambar 10. Jendela Task Manager dan Service

4. Klik kembali tombol Start pada Gambar 1. di atas hingga status berubah menjadi Running. Jangan lupa untuk menekan kembali tombol Re-read Licenses agar lisensi dapat ter-update.

5. Buka ArcGIS Administrator lalu klik tombol Desktop. Pada box License Manager (for Concurent Use software products): klik tombol Change. Isikan box ini dengan nama "localhost" atau nama lain yang anda tetapkan pada Langkah 1 diatas. Kemudian klik OK dan cek lisensi dengan mengklik tombol Availability dibawah tab Desktop (sebelah kiri). Selesai

Semoga dapat bermanfaat.




20 komentar:

  1. terima kasih, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak mas, tutorialnya sangat membantu

    BalasHapus
  3. terimakasih mas, sekali coba langsung jadi

    BalasHapus
  4. kok punya saya tetep not running ya.. di argis 10.1 sama 10.2 sama aja not running semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah setelah di instal, status nya dalam keadaan Running? Jika tidak, maka kemungkinan besar cara di atas tidak akan berhasil (mungkin lebih disebabkan tidak kompatibilitasnya perangkat arcgis dengan OS yang digunakan). Jika Ya, maka permasalahan mungkin akibat tidak cocoknya data user yang digunakan pada file service.txt (informasi lebih lanjut dapat merujuk ke info arcgis administrator. Semoga dapat membantu.

      Hapus
  5. sayang sekali saat saya ingin run license arcgis versi berapapun, tab license server nya langsung not respond, dan tidak run, sehingga berkali2 start tidak bisa sama sekali... not respond terus, ada solusi kah gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kasus seperti ini menurut saya lebih ke "tidak kompatibel" antara ArcGIS dan OS yg digunakan (antara OS yg mungkin ada korup atau software korup). Saran saya untuk pengguna OS Win 7, coba update ke versi SP 1 dan lakukan instalasi ulang NET Framework 4 atau yg terbaru. Untuk OS win 8 dan 10 menurut saya tidak ada masalah.
      2. Ada masalah pada lisensi yg digunakan, lebih tepatnya pada file service.txt. Apabila nama user di yg digunakan pada lisensi service.txt tidak cocok dengan nama komputer yg diinstal, maka ketika di run, bisa langsung crash (seperti kasus anda, saya juga pernah alami). Solusinya coba anda merujuk ke posting saya yang ini "TOPIK TAMBAHAN SEPUTAR ARCGIS ADMINISTRATOR". Semoga dapat membantu.

      Hapus
  6. Thanks bro, sangat membantu. ternyata kasusnya hampir sama di arcgis 10.4 beberapa kali uninstall tetep sama hasilnya NOT RUNNING. ternyata kasusnya sekarang terpecahkan.

    Semoga barokah ilmunya bro. Amiiin

    BalasHapus
  7. di sini ada yang udah instal trus pas export ke pdf petanya koordinatnya gak muncul? mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diperjalas tidak munculnya yang mana? Koordinat biasanya ditampilkan di layout menggunakan menu Grid dari Data Frame layernya. Maka agar dapat muncul koordinat, Peta harus diekspor dari mode Layout.

      Hapus
  8. saya tidak bisa mengkompersi file kml to later karen arcgis 10.2 lqngsung menghilang sudah dicoba instal ulang namun tidak bisa juga mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ini memang umum terjadi pada versi 10.2. Saran saya lebih baik upgrade ke 10.3 keatas atau downgrade ke 10.1. Atau bisa menggunakan tool online berikut ini. Semoga dapat membantu.

      Hapus
  9. tolong bantuannya, di saya bertulisakan "not running" dan setelah dicek di windows manager ternyata bertuliskan "stopped". adakah solusinya ? btw saya sedang mengistal 10.6, sebelumnya dulu saya pernah instal mulai 10.3-10.5 baik2 saja, baru pertama kali nemu masalah seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya apakah setelah awal sekali di intstal status nya running atau not running?
      Jika not running, maka kecil kemungkinan cara ini bisa berhasil. Saran saya mungkin bisa di uninstal dulu Lisence Server Administrator versi terdahulu. Lalu coba instal kembali Lisence yg versi 10.6. Cek apakah dalam keaadan running atau tidak. Jika tidak, coba buka service pada Gambar 5 diatas, dan coba klik start, lalu cek kembali statusnya apakah running atau tidak. Jika statusnya masih belum running, sedangkan Gambar 5 dalam keadaan start, coba di stop terlebih dahulu dan coba klik start pada Lisence Administrator. Jika belum running, maka langkah terakhir yang dapat dicoba yaitu melakukan pengubahan nama host di file service.txt yang dapat dilihat pada link berikut. Semoga dapat membantu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Permisi min, saya kemarin merubah nama pc saya, saya lupa kalau di lisensi ada nama pc. Setelah saya ubah kembali seperti awal dan saya buka argis nya tdk berjalan. Bagaimana solusi nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan untuk coba diterapkan langkah yang saya sampaikan di sini. Semoga dapat membantu.

      Hapus
  11. Terima kasih gan, gua langsung bisa karena tutorial lu, terima kasih karena kamu sudah membantu abang cendy menamatkan game horror, terima kasih kamu telah menyelamatkan negara ini, terima kasih kamu telah membangkitkan alien bersaudara

    BalasHapus

Back to top