Senin, 23 Januari 2017

Topik Tambahan Seputar ArcGIS Administrator

Posting ini merupakan topik lanjutan dari posting sebelumnya tentang Instalasi ArcGIS 10.2 NOT RUNNING License Server Administrator.

Ada kalanya setelah instalasi license Service.txt, License Server Administrator kembali menjadi Not Running. Cobalah kembali meng-klik tombol start pada License Server Administrator. Jika tidak berhasil, ulangi kembali langkah yang telah saya paparkan  pada Posting Instalasi ArcGIS 10.2 NOT RUNNING License Server Administrator

Problem yang juga sering terjadi setelah proses instalasi License Server Administrator, adalah problem ketidak-cocok-kan host_name yang digunakan antara License Server Administrator dengan ArcGIS Administrator. Akibatnya, meski License Server Administrator sudah dalam keadaan Running, namun pada ArcGIS Administrator tab Availability, License yang digunakan tidak muncul seperti pada gambar 1. berikut ini.

 
Gambar 1. ArcGIS Administrator


Untuk mengatasi ketidak-cocok-kan ini, ubahlah nama host_name sesuai nama komputer anda. Untuk mengetahuinya klik tombol start windows > klik kanan Computer > klik Properties. Akan muncul tampilan seperti pada gambar 2 berikut. Gunakanlah nama pada "Full Computer Name".

Gambar 2. Properties Nama Computer

Selanjutnya, buka file service.txt dari folder bin (folder License di ArcGIS) dan ubah "this_host" (lihat Gambar 3.) menjadi nama komputer anda dari Gambar 2. Kemudian save perubahan tersebut. Apabila save gagal, save lah file ini di folder lain atau di desktop. Selanjutnya copy dan paste kembali pada folder bin dan timpakan (overwrite) ke file yang lama.

Gambar 3. Ubah Nama "this_host" Pada Service.txt

Selanjut cek dahulu apakah License Server Administrator kembali menjadi Not Running. Jika iya, Maka klik Start dan tunggu hingga Running. Lalu buka ArcGIS Administrator, klik tab Desktop dan klik Change lalu ketikkan nama komputer anda seperti pada Gambar 4. Biasanya nama komputer anda akan sama dengan nama pada kotak biru (ArcGIS (NAMA KOMPUTER)) di Gambar 4. 

Gambar 4. Ganti Nama Host Pada ArcGIS Administrator

Tahap Akhir, cek kembali tab Availability. Pada tahap ini biasanya license akan muncul berikut dengan fitur serta waktu expire dari license yang anda gunakan. Topik ini biasanya berkaitan dengan error seperti pada Gambar 5. berikut yang muncul saat kita membuka ArcMap.

Gambar 5. Error -15

Menurut Deskripsi pada Gambar 5. tersebut, error ini tidak serta merta disebabkan oleh ketidakcocokan pada host name saja. Namun bisa jadi karena License Server Administrator belum Running atau bisa juga disebabkan oleh port yang terkunci pada firewall. Oleh sebab itu, cara diatas mungkin hanya berhasil pada kondisi terbatas.

Sekian posting kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua.

10 komentar:

  1. link instal arcgis bisa share gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya Saya tidak memiliki link tersebut. Mungkin bisa di search di YouTube, mengingat fokus posting ini hanya terkait permasalahan yg muncul saat instalasi ArcGIS.

      Hapus
  2. Sangat membantu. Tahap yang Saudara jelaskan juga dapat menyelesaikan kasus yang sama di instalasi lisensi ArcGIS 10.6, terima kasih.

    BalasHapus
  3. Permisi min, saya kemarin merubah nama pc saya, saya lupa kalau di lisensi ada nama pc. Setelah saya ubah kembali seperti awal dan saya buka argis nya tdk berjalan. Bagaimana solusi nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah 1. Cek nama komputer di di ArcGIS Administrator (Gambar 1.), namanya biasanya seperti ini > ArcGIS (NAMA_PC). Catat nama pc yg terdata di sini.

      Langkah 2. Cek Full computer name sesuai Gambar 2. dan catat nama yang tertera. Pada tahap ini jika nama pada Langkah 1. dan Langkah 2. berbeda, maka sebaiknya nama ini coba kembali disamakan. Meskipun semestinya tidak mungkin bisa terjadi perbedaan nama computer, karena ArcGIS Administrator akan menyesuaikan otomatis nama computer. Namun apabila memang demikian, maka hanya nama computer yg dapat diubah (bukan nama di ArcGIS Administrator). Buka Control Panel (pilih tampilannya yg Category, jangan yg small atau large icons) > System and Security > System > dibaris Computer Name di sebelah kanan, klik tombol Change Settings > pada tab Computer Name, klik tombol Change di posisi kanan bawah > ganti nama di Computer name sesuai dengan nama yg ada di ArcGIS Administrator dan klik Ok. Note: saya belum pernah mencoba cara ini, sehingga saya tidak menjamin apakah nama computer akan berubah sepenuhnya.

      Langkah 3. Cek nama pada file service.txt sesuai Gambar 3. Cek nama yang tertera pada label merah Gambar 3. di atas (this_host), apakah nama yang tertera sudah sama dengan Langkah 1. atau Langkah 2.? Jika berbeda, maka ganti namanya sesuai dengan Full computer name (edit file service.txt ini di notepad). Ingat, full computer name harus sama dengan nama pada ArcGIS Administrator. Setelah di edit jangan lupa di save kembali ke tempat asalnya (jika tidak bisa, save as dulu di desktop lalu copy paste ke folder asal/overwrite).

      Langkah 4. Ganti nama host sesuai Gambar 4. diatas. Namanya harus disesuaikan dengan nama yang sudah fix pada Langkah 3.. Klik tombol Re-read license di ArcGIS License Server Administrator. Kemudian cek tab Availability pada ArcGIS Administrator dan pastikan lisensi sudah tersedia (muncul ekstensi dan waktu expired nya). Jika sudah muncul maka coba buka Arcmap untuk mengetahui lisensi sudah bekerja.

      Semoga dapat membantu.

      Hapus
    2. Saya cek pada langkah 4 di administrator tab availability tidak ada lisensi nya min. Bagaimana cara menambahkan nya min?

      Hapus
    3. Sebelumnya, apakah setelah Klik tombol Re-read license di ArcGIS License Server Administrator, statusnya sudah dalam keadaan Running? Jika Ya, maka lanjut ganti nama host sesuai Gambar 4. diatas (pada tab Desktop, klik tombol "Change" dan masukkan "nama" yang sudah dibuat pada Langkah 3. atau full computer name). Kemudian cek kembali tab Availability pada ArcGIS Administrator untuk memastikan lisensi sudah bekerja.

      Hapus
  4. Awal menginstal sudah dalam keadaan ruuning tetapi karena saya latah menukar nama pc jd not running yg menyebabkan argis tdk berfungsi. Seperti nya lisense nya tdk ada min. Yg ingin sya tanya bagaimana cara menambah lisensi dlm bentuk .sdlic?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat dalam keadaan running tersebut, apakah Arcmap sudah berfungsi dengan baik? (dapat digunakan?). Jika iya, maka semestinya lisensi sudah "ada". Sepengetahuan saya, ada dua cara aktivasi lisensi di ArcGIS Desktop, pertama melalui single use, ini berbentuk serial beberapa digit yang diaktivkan secara online (tanpa perlu menggunakan ArcGIS License Server Administrator), kedua melalui concurrent use, ini menggunakan file lisensi (biasanya file service.txt/ saya tidak paham file yg anda maksud dengan xx.sdlic) dan ArcGIS License Server Administrator (saya berasumsi anda menggunakan cara ini, mengingat anda mengatakan ArcGIS License Server Administrator statusnya tidak running). Saya pribadi sudah beralih menggunakan single use. Jika anda menggunakan versi crack, anda bisa memperoleh lisensi menggunakan license generator yang biasanya tersedia atau bisa juga tidak tersedia (dalam hal ini, sepengalaman saya, kadang saya menjumpai keduanya, dan malah kadang anda tidak perlu ArcGIS License Server Administrator; namun demikian, saya tidak berniat membahas hal [proses cracking] ini lebih lanjut). Jika sampai disini belum ada solusi, maka lebih baik dilakukan clean instal ke versi terbaru atau downgrade ke versi lama. Kasus anda ini sangat unik, saya sendiri belum pernah menjumpai kasus seperti ini. Saran saya saat clean instal, pastikan software requirement sudah terinstal, yg paling umum biasanya net. FM versi 3.5 dan 4 keatas. Saya rasa demikian, semoga dapat membantu.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Back to top